RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KE 1
Madrasah
: MI Miftahul Ulum Pakukerto
Kelas /
Semester : II / I (satu)
Mata Pelajaran : Baca Tulis Al Qur’an (BTQ)
Standar Kompetensi
Mengenal tanda baca panjang
Kompetensi Dasar
Mengenal macam-macam tanda baca
panjang
Indikator
1.
Menunjukkan kata yang bertanda
baca panjang (huruf mad thabi’i dan dhumah terbalik, fathah serta kasrah tegak)
2.
Menulis kata yang bertanda baca
panjang
Alokasi waktu
20 jam 12 x pertemuan, minggu ke
1, 2, 3, 4
A.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
- Menjelaskan kata yang bertanda baca panjang (huruf mad thabi’i dan dhumah terbalik, fathah serta kasrah tegak)
- Menunjukkan kata yang bertanda baca panjang (huruf mad thabi’i dan dhumah terbalik, fathah serta kasrah tegak)
- Menuliskan kata yang bertanda baca panjang (huruf mad thabi’i dan dhumah terbalik, fathah serta kasrah tegak)
B.
Materi Pembelajaran
- Huruf Mad thabi’I (alif, wawu dan yaa’ sukun)
- Dhumah terbalik, fathah dan kasrah tegak
C.
Metode Pembelajaran
- Ceramah berfariasi
- Demonstrasi
- Latihan
D.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
- Pertemuan I : 2 x 35 menit
a.
Kegiatan pendahuluan
-
Motivasi dan apersepsi
-
Siapa yang sudah bisa membaca
huruf hijaiyyah bersambung
b.
Kegiatan inti
-
Memberi contoh membaca huruf
hijaiyyah bersambung
-
Menjelaskan secara singkat huruf
sambung alif – ya’
-
Meminta siswa secara acak membaca
huruf hijaiyyah yang bersambung
c.
Kegiatan Penutup
-
Meminta siswa mengulang membaca
huruf hijaiyyah bersambung secara bersama-sama
- Pertemuan 2 : 3 x 35 menit
a.
Kegiatan pendahuluan
-
Motivasi dan apersepsi
-
Meminta siswa melafalkan huruf
hijaiyyah sesuai model yang diberikan pertemuan lalu
b.
Kegiatan inti
-
Membimbing siswa mengenal bacaan
panjang
-
Menunjukkan bacaan panjang berupa
huruf mad thabi’i
-
Menjelaskan huruf mad thabi’i
-
Menulis huruf mad thabi’i
c.
Kegiatan penutup
-
Melafalkan huruf mad thabi’i
- Pertemuan 3 : 2 x 35 menit
a.
Kegiatan pendahuluan
-
Motivasi dan apersepsi
-
Mengajak siswa membaca huruf mad
thabi’i
-
Menunjuk salah satu siswa
melafalkan huruf mad thabi’i
b.
Kegiatan inti
-
Mengenalkan siswa bacaan mad
thabi’i: alif sesudah fathah
-
Menunjukkan bacaan mad thabi’i: alif sesudah fathah
-
Melafalkan bacaan bacaan mad
thabi’i: alif sesudah fathah
c.
Kegiatan penutup
-
Melafalkan bacaan mad thabi’i:
alif sesudah fathah bersama
- Pertemuan 4 : 3 x 35 menit
a.
Kegiatan pendahuluan
-
Motivasi dan apersepsi
-
Mengajak siswa membaca bacaan mad
thabi’i: alif sesudah fathah
-
Menunjuk salah satu siswa
melafalkan bacaan mad thabi’i: alif sesudah fathah
b.
Kegiatan inti
-
Mengenalkan siswa bacaan mad
thabi’i: ya’ sukun sesudah kasrah
-
Menunjukkan bacaan mad thabi’i: ya’ sukun sesudah kasrah
-
Melafalkan bacaan bacaan mad
thabi’i: ya’ sukun sesudah kasrah
c.
Kegiatan penutup
-
Melafalkan mad thabi’i: ya’ sukun
sesudah kasrah bersama
- Pertemuan 5 : 2 x 35 menit
a.
Kegiatan pendahuluan
-
Motivasi dan apersepsi
-
Mengajak siswa membaca bacaan mad
thabi’i: ya’ sukun sesudah kasrah
-
Menunjuk salah satu siswa
melafalkan bacaan mad thabi’i: ya’ sukun sesudah kasrah
b.
Kegiatan inti
-
Mengenalkan siswa bacaan mad
thabi’i: wawu sukun sesudah dhumah
-
Menunjukkan bacaan mad thabi’i: wawu sukun sesudah dhumah
-
Melafalkan bacaan bacaan mad
thabi’i: wawu sukun sesudah dhumah
c.
Kegiatan penutup
-
Melafalkan mad thabi’i: wawu sukun
sesudah dhumah
- Pertemuan 6 : 3 x 35 menit
a.
Kegiatan pendahuluan
-
Motivasi dan apersepsi
-
Mengajak siswa membaca mad
thabi’i: wawu sukun sesudah dhumah
-
Menunjuk salah satu siswa
melafalkan mad thabi’i: wawu sukun sesudah dhumah
b.
Kegiatan inti
-
Membimbing siswa satu persatu
melafalkan mad thabi’i melalui buku Iqro’
-
Meminta siswa membaca sesuai jilid
-
Mambenarkan bacaan siswa yang
belum sesuai dengan kaidah
c.
Kegiatan penutup
-
Memberikan tugas siswa mencari
bacaan mad thabi’i di rumah
- Pertemuan 7 : 2 x 35 menit
a.
Kegiatan pendahuluan
-
Motivasi dan apersepsi
-
Mengajak siswa membaca bacaan mad
thabi’i bersama
b.
Kegiatan inti
-
Mengenalkan siswa bacaan fathah
tegak
-
Menunjukkan bacaan bacaan fathah tegak
-
Melafalkan bacaan bacaan bacaan
fathah tegak
c.
Kegiatan Penutup
-
Meminta siswa mengulang melafalkan
bacaan fathah tegak
- Pertemuan 8 : 3 x 35 menit
a.
Kegiatan pendahuluan
-
Motivasi dan apersepsi
-
Meminta siswa melafalkan bacaan
fathah tegak bersama
b.
Kegiatan inti
-
Mengenalkan siswa bacaan kasrah
tegak
-
Menunjukkan bacaan kasrah tegak
-
Melafalkan bacaan kasrah tegak
c.
Kegiatan penutup
-
Melafalkan bacaan kasrah tegak bersama-sama
- Pertemuan 9 : 2 x 35 menit
a.
Kegiatan pendahuluan
-
Motivasi dan apersepsi
-
Mengajak siswa membaca bacaan
kasrah tegak
-
Menunjuk salah satu siswa
melafalkan bacaan kasrah tegak
b.
Kegiatan inti
-
Mengenalkan siswa bacaan dhumah
terbalik
-
Menunjukkan bacaan dhumah terbalik
-
Melafalkan bacaan dhumah terbalik
c.
Kegiatan penutup
-
Melafalkan dhumah terbalik bersama
- Pertemuan 10 : 2 x 35 menit
a.
Kegiatan pendahuluan
-
Motivasi dan apersepsi
-
Mengajak siswa membaca bacaan
fathah tegak, kasrah tegak, dhumah terbalik
-
Menunjuk salah satu siswa melafalkan
huruf alif – Tho’
b.
Kegiatan inti
-
Menunjuk satu persatu siswa
melafalkan bacaan fathah tegak, kasrah tegak, dhumah terbalik
c.
Kegiatan penutup
-
Memberikan tugas siswa untuk
mempelajari kembali di rumah
- Pertemuan 11 : 3 x 35 menit
a.
Kegiatan pendahuluan
-
Motivasi dan apersepsi
-
Siapa yang sudah mempelajari di
rumah
b.
Kegiatan inti
-
Membimbing siswa satu persatu
melafalkan bacaan fathah tegak, kasrah tegak, dhumah terbalik melalui buku
Iqro’
-
Meminta siswa membaca sesuai jilid
-
Mambenarkan bacaan siswa yang belum
sesuai dengan kaidah
c.
Kegiatan penutup
-
Melafalkan bacaan fathah tegak,
kasrah tegak, dhumah terbalik
- Pertemuan 12 : 2 x 35 menit
a.
Kegiatan pendahuluan
-
Motivasi dan apersepsi
-
Mengajak siswa membaca bacaan
fathah tegak, kasrah tegak, dhumah terbalik
-
Menunjuk salah satu siswa
melafalkan bacaan fathah tegak, kasrah tegak, dhumah terbalik
b.
Kegiatan inti
-
Memberikan soal pada siswa tentang
bacaan fathah tegak, kasrah tegak, dhumah terbalik
c.
Kegiatan penutup
-
Memberikan tugas untuk mempelajari
materi di rumah
E.
Sumber Pembelajaran
- Buku Iqro’
- Buku Tajwid
- Buku Referensi
F.
Penilaian hasil Belajar
- Teknik Penilaian
-
Tertulis
-
Lisan
- Bentuk Instrumen
-
Isian
-
Jawaban singkat
- Contoh instrument
a)
Isian
Ada berapakah
jumlah huruf mad thabi’i, sebutkan!
Kunci
: ada 3. Yaitu alif, yaa’ dan wawu
b)
Jawaban singkat
Bacaan panjang
pada kata di samping adalah?
Kunci : fahah tegak
Mengetahui,
|
Pasuruan, 19 Juli 2011
|
Kepala MI Miftahul Ulum
M. CHUSNAN AG
|
Guru BTQ Kelas II
KHUTROTIN AJIZAH
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KE 3
Madrasah
: MI Miftahul Ulum Pakukerto
Kelas /
Semester : II / I (satu)
Mata Pelajaran : Baca Tulis Al Qur’an (BTQ)
Standar Kompetensi
Doa harian
Kompetensi Dasar
Menghafal doa
harian
Indikator
1. Mampu membaca doa
harian
2. Mampu menghafal doa
harian
Alokasi waktu
20 jam 12 x pertemuan, minggu ke
1, 2, 3, 4
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
1. Siswa mampu membaca
doa harian
2.
Siswa mampu menghafal doa harian
B.
Materi Pembelajaran
Doa wudlu, doa
sesudah wudlu, doa keluar rumah, doa masuk rumah
C.
Metode Pembelajaran
1. Ceramah
berfariasi
2. Demonstrasi
3. Latihan
D.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
- Pertemuan 1 : 2 x 35 menit
a.
Kegiatan pendahuluan
-
Motivasi dan apersepsi
-
Siapa yang suka baca doa wudlu
-
Siapa yang sudah hafal doa wudlu
b.
Kegiatan inti
-
Menulis doa wudlu
-
Menghafal doa wudlu
c.
Kegiatan Penutup
-
Membaca doa wudlu secara
bersama-sama
- Pertemuan 2 : 2 x 35 menit
a.
Kegiatan pendahuluan
-
Motivasi dan apersepsi
-
Siapa yang suka baca doa sesudah wudlu
-
Siapa yang sudah hafal doa sesudah
wudlu
b.
Kegiatan inti
-
Menulis doa sesudah wudlu
-
Menghafal doa sesudah wudlu
c.
Kegiatan Penutup
-
Membaca doa sesudah wudlu secara bersama-sama
- Pertemuan 3 : 2 x 35 menit
a.
Kegiatan pendahuluan
-
Motivasi dan apersepsi
-
Siapa yang suka baca doa keluar rumah
-
Siapa yang sudah hafal doa
keluar rumah
b.
Kegiatan inti
-
Menulis doa keluar rumah
-
Menghafal doa keluar rumah
c.
Kegiatan Penutup
-
Membaca doa keluar rumah secara bersama-sama
- Pertemuan 4 : 2 x 35 menit
a.
Kegiatan pendahuluan
-
Motivasi dan apersepsi
-
Siapa yang suka baca doa masuk rumah
-
Siapa yang sudah hafal doa masuk
rumah
b.
Kegiatan inti
-
Menulis doa masuk rumah
-
Menghafal doa masuk rumah
c.
Kegiatan Penutup
-
Membaca doa masuk rumah secara bersama-sama
- Pertemuan 5 : 2 x 35 menit
a.
Kegiatan pendahuluan
-
Motivasi dan apersepsi
-
Siapa yang sudah hafal doa mau wudlu
b.
Kegiatan inti
-
Meminta siswa satu persatu menghafal doa mau wudlu
c.
Kegiatan Penutup
-
Membaca doa mau wudlu secara bersama-sama
- Pertemuan 6 : 2 x 35 menit
a.
Kegiatan pendahuluan
-
Motivasi dan apersepsi
-
Siapa yang sudah hafal doa selesai wudlu
b.
Kegiatan inti
-
Meminta siswa menghafal doa selesai wudlu
c.
Kegiatan Penutup
-
Membaca doa selesai wudlu secara bersama-sama
- Pertemuan 7 : 2 x 35 menit
a.
Kegiatan pendahuluan
-
Motivasi dan apersepsi
-
Siapa yang sudah hafal doa keluar rumah
b.
Kegiatan inti
-
Meminta siswa satu persatu menghafal doa keluar rumah
c.
Kegiatan Penutup
-
Membaca doa keluar rumah secara bersama-sama
- Pertemuan 8 : 3 x 35 menit
a.
Kegiatan pendahuluan
-
Motivasi dan apersepsi
-
Mengulang hafalan doa-doa yang telah dihafal
b.
Kegiatan inti
-
Bermain peran, satu persatu siswa
mempraktekkan doa’a yang telah dihafal
c.
Kegiatan penutup
-
Meminta siswa menghafal kembali
do’a yang telah diajarkan di rumah
- Pertemuan 9 : 2 x 35 menit
- Kegiatan pendahuluan
-
Motivasi dan apersepsi
-
Mengulang hafalan doa-doa yang telah dihafal
b.
Kegiatan inti
-
Bermain peran, satu persatu siswa
mempraktekkan doa’a yang telah dihafal
c.
Kegiatan penutup
-
Meminta siswa menghafal kembali
do’a yang telah diajarkan di rumah
- Pertemuan 10 : 2 x 35 menit
a.
Kegiatan pendahuluan
-
Motivasi dan apersepsi
b.
Kegiatan inti
-
Memberikan soal untuk dikerjakan
siswa
c.
Kegiatan penutup
-
Membaca doa-doa bersama-sama
- Pertemuan 11 : 3 x 35 menit
a.
Kegiatan pendahuluan
-
Motivasi dan apersepsi
-
Mengulang hafalan Doa-doa yang telah dihafal
b.
Kegiatan inti
-
Bermain peran, satu persatu siswa
mempraktekkan doa’a yang telah dihafal
c.
Kegiatan penutup
-
Membaca doa-doa bersama-sama
- Pertemuan 12 : 2 x 35 menit
a.
Kegiatan pendahuluan
-
Motivasi dan apersepsi
-
Mengulang hafalan Doa-doa yang telah dihafal
-
Mengulang hafalan surat-surat yang
telah dihafal
b.
Kegiatan inti
-
Bermain peran, satu persatu siswa
mempraktekkan doa’a yang telah dihafal
c.
Kegiatan penutup
-
Membaca doa-doa bersama-sama
E.
Sumber Pembelajaran
- Buku Iqro’
- Buku doa harian
- Buku Referensi
F.
Penilaian hasil Belajar
- Teknik Penilaian
-
tertulis
-
lisan
- Bentuk Instrumen
-
Isian
-
Jawaban singkat
- Contoh instrument
a)
Isian
Tulislah doa mau keluar rumah!
Kunci
:
b)
Jawaban singkat
Doa berikut adalah doa (…………….)?
Kunci : sesudah wudlu
Mengetahui,
|
Pasuruan, 19 Juli 2011
|
Kepala MI Miftahul Ulum
M. CHUSNAN AG
|
Guru BTQ Kelas II
KHUTROTIN AJIZAH
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KE 3
Madrasah
: MI Miftahul Ulum Pakukerto
Kelas /
Semester : II / II (dua)
Mata Pelajaran : Baca Tulis Al Qur’an (BTQ)
Standar Kompetensi
Bacaan shalat dan doa harian
Kompetensi Dasar
Menghafal bacaan
shalat dhuha dan doa sesudah shalat dhuha
Indikator
1. Mampu Mampu membaca bacaan sholat dhuha
2. Mampu membaca
doa sesudah sholat dhuha
Alokasi waktu
20 jam 12 x pertemuan, minggu ke
1, 2, 3, 4
A.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
1.
Siswa mampu membaca bacaan shalat dhuha dan mempraktekkannya
2. Siswa mampu menghafal
bacaan shalat dhuha dan mempraktekkannya
B.
Materi Pembelajaran
Bacaan shalat dhuha
dan doa sesudah shalat dhuha
C.
Metode Pembelajaran
1.
Ceramah berfariasi
2.
Demonstrasi
3.
Latihan
D.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
- Pertemuan 1 : 2 x 35 menit
a.
Kegiatan pendahuluan
-
Motivasi dan apersepsi
-
Siapa yang suka shalat dhuha
-
Siapa yang sudah hafal bacaan shalat
b.
Kegiatan inti
-
Menulis bacaan shalat dhuha
-
Menghafal bacaan shalat dhuha
c.
Kegiatan Penutup
-
Membaca bacaan shalat secara
bersama-sama
- Pertemuan 2 : 2 x 35 menit
a.
Kegiatan pendahuluan
-
Motivasi dan apersepsi
-
Siapa yang sudah hafal bacaan shalat dhuha
b.
Kegiatan inti
-
Menulis bacaan shalat
-
Menghafal bacaan shalat
c.
Kegiatan penutup
-
Membaca bacaan shalat secara
bersama-sama
- Pertemuan 3 : 2 x 35 menit
a.
Kegiatan pendahuluan
-
Motivasi dan apersepsi
-
Siapa yang sudah hafal bacaan shalat
b.
Kegiatan inti
-
Menulis bacaan shalat
-
Menghafal bacaan shalat
c.
Kegiatan Penutup
-
Membaca bacaan shalat secara
bersama-sama
- Pertemuan 4 : 2 x 35 menit
a.
Kegiatan pendahuluan
-
Motivasi dan apersepsi
-
Siapa yang sudah hafal bacaan shalat
b.
Kegiatan inti
-
Menulis bacaan shalat
-
Menghafal bacaan shalat
c.
Kegiatan penutup
-
Membaca bacaan shalat secara
bersama-sama
- Pertemuan 5 : 2 x 35 menit
a.
Kegiatan pendahuluan
-
Motivasi dan apersepsi
-
Siapa yang sudah hafal bacaan shalat
b.
Kegiatan inti
-
Menulis bacaan shalat
-
Menghafal bacaan shalat
c.
Kegiatan Penutup
-
Membaca bacaan shalat secara
bersama-sama
- Pertemuan 6 : 2 x 35 menit
a.
Kegiatan pendahuluan
-
Motivasi dan apersepsi
-
Siapa yang sudah hafal bacaan shalat
b.
Kegiatan inti
-
Menulis bacaan shalat
-
Menghafal bacaan shalat
c.
Kegiatan Penutup
-
Membaca bacaan shalat secara
bersama-sama
- Pertemuan 7 : 2 x 35 menit
a.
Kegiatan pendahuluan
-
Motivasi dan apersepsi
-
Siapa yang sudah hafal bacaan doa sesudah shalat dhuha
b.
Kegiatan inti
-
Menulis bacaan doa sesudah shalat dhuha
-
Menghafal bacaan sesudah shalat dhuha
c.
Kegiatan Penutup
-
Membaca bacaan doa sesudah shalat dhuha secara bersama-sama
- Pertemuan 8 : 2 x 35 menit
a.
Kegiatan pendahuluan
-
Motivasi dan apersepsi
-
Mengulang hafalan doa sesudah shalat dhuha yang telah dihafal
b.
Kegiatan inti
-
Bermain peran mempraktekkan shalat
dhuha dan doa sesudahnya
c.
Kegiatan penutup
-
Meminta siswa menghafal kembali bacaan shalat dhuha dan doa
sesudahnya
- Pertemuan 9 : 2 x 35 menit
a.
Kegiatan pendahuluan
-
Motivasi dan apersepsi
-
Siapa yang sudah hafal bacaan
shalat dhuha dan doa sesudahnya
b.
Kegiatan inti
-
Bermain peran mempraktekkan shalat
dhuha dan doa sesudahnya
c.
Kegiatan penutup
-
Meminta siswa menghafal kembali bacaan shalat dhuha dan doa
sesudahnya
- Pertemuan 10 : 3 x 35 menit
a.
Kegiatan pendahuluan
-
Motivasi dan apersepsi
-
Siapa yang sudah hafal bacaan
shalat dhuha dan doa sesudahnya
b.
Kegiatan inti
-
Bermain peran mempraktekkan shalat
dhuha dan doa sesudahnya
c.
Kegiatan penutup
-
Meminta siswa menghafal kembali bacaan shalat dhuha dan doa
sesudahnya dirumah
- Pertemuan 11 : 2 x 35 menit
a.
Kegiatan pendahuluan
-
Motivasi dan apersepsi
-
Mengulang hafalan shalat
dhuha dan doa sesudahnya
b.
Kegiatan inti
-
Memberikan soal untuk dikerjakan
c.
Kegiatan penutup
-
Meminta siswa menghafal kembali
bacaan shalat dhuha dan doa sesudahnya dirumah
E.
Sumber Pembelajaran
- Buku doa harian
- Buku bacaan shalat
- Buku referensi
F.
Penilaian hasil Belajar
- Teknik Penilaian
-
tertulis
-
lisan
- Bentuk Instrumen
-
Isian
-
Jawaban singkat
- Contoh instrument
a)
Isian
Doa sujud ketika shalat dhuha adalah ?
Kunci
:
b)
Jawaban singkat
Shalat dhuha
dikerjakan berapa rakaat?
Kunci :
Mengetahui,
|
Pasuruan, 19 Juli 2011
|
Kepala MI Miftahul Ulum
M. CHUSNAN AG
|
Guru BTQ Kelas II
KHUTROTIN AJIZAH
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KE 4
Madrasah
: MI Miftahul Ulum Pakukerto
Kelas /
Semester : II / I (satu)
Mata Pelajaran : Baca Tulis Al Qur’an (BTQ)
Standar Kompetensi
Tahfidz
Qs. Al humazah
sampai dengan Al qariah
Kompetensi Dasar
Menghafal Qs. Al humazah sampai dengan Al qariah
Indikator
Mampu Menghafal Qs. Al humazah sampai dengan Al qariah
Alokasi waktu
20 jam 12 x pertemuan, minggu ke
1, 2, 3, 4
A.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
1. Mampu Menghafal Qs.
Al humazah sampai dengan Al
qariah
B.
Materi Pembelajaran
Menghafal Qs. Al humazah sampai dengan Al qariah
C.
Metode Pembelajaran
1. Hafalan
2. Latihan
D.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
- Pertemuan 1 : 2 x 35 menit
a.
Kegiatan pendahuluan
-
Motivasi dan apersepsi
-
Siapa yang sudah hafal surat Al humazah
b.
Kegiatan inti
-
Menghafal Qs. Al humazah
c.
Kegiatan Penutup
-
Meminta siswa mengulang
menghafalkan Qs. Al humazah
secara bersama-sama
- Pertemuan 2 : 3 x 35 menit
a.
Kegiatan pendahuluan
-
Motivasi dan apersepsi
-
Siapa yang sudah hafal surat Al humazah
b.
Kegiatan inti
-
Test hafalan Qs. Al humazah setiap siswa
c.
Kegiatan Penutup
-
Meminta siswa mengulang
menghafalkan Qs. Al humazah
secara bersama-sama
- Pertemuan 3 : 2 x 35 menit
a.
Kegiatan pendahuluan
-
Motivasi dan apersepsi
-
Siapa yang sudah hafal surat Al
ashr
b.
Kegiatan inti
-
Menghafal Qs. Al ashr
c.
Kegiatan Penutup
-
Meminta siswa mengulang
menghafalkan Qs. Al ashr secara
bersama-sama
- Pertemuan 4 : 3 x 35 menit
a.
Kegiatan pendahuluan
-
Motivasi dan apersepsi
-
Siapa yang sudah hafal Al ashr
b.
Kegiatan inti
Test hafalan Qs. Al ashr setiap
siswa
c.
Kegiatan Penutup
-
Meminta siswa mengulang
menghafalkan Qs. Al ashr secara bersama-sama
- Pertemuan 5 : 2 x 35 menit
a.
Kegiatan pendahuluan
-
Motivasi dan apersepsi
-
Siapa yang sudah hafal surat Qs. At takaatsur
b.
Kegiatan inti
-
Menghafal Qs. At takaatsur
c.
Kegiatan Penutup
-
Meminta siswa mengulang
menghafalkan Qs. At takaatsur secara bersama-sama
- Pertemuan 6 : 3 x 35 menit
a.
Kegiatan pendahuluan
-
Motivasi dan apersepsi
-
Siapa yang sudah hafal surat Qs. At
takaatsur
b.
Kegiatan inti
-
Test hafalan Qs. At takaatsur
setiap siswa
c.
Kegiatan Penutup
-
Meminta siswa mengulang
menghafalkan Qs. At takaatsur secara bersama-sama
- Pertemuan 7 : 2 x 35 menit
a.
Kegiatan pendahuluan
-
Motivasi dan apersepsi
-
Siapa yang sudah hafal surat Qs. Al humazah sampai dengan Al qariah
b.
Kegiatan inti
-
Menghafal Qs. Al humazah sampai dengan Al qariah
c.
Kegiatan Penutup
-
Meminta siswa mengulang
menghafalkan Qs. Al humazah sampai dengan Al qariah secara
bersama-sama
- Pertemuan 8 : 3 x 35 menit
a.
Kegiatan pendahuluan
-
Motivasi dan apersepsi
-
Siapa yang sudah hafal surat Qs. Al humazah sampai dengan Al qariah
b.
Kegiatan inti
-
Hafalan Qs. Al humazah sampai dengan Al qariah setiap siswa
c.
Kegiatan Penutup
-
Meminta siswa mengulang
menghafalkan Qs. Al humazah sampai dengan Al qariah secara
bersama-sama
- Pertemuan 9 : 3 x 35 menit
a.
Kegiatan pendahuluan
-
Motivasi dan apersepsi
-
Siapa yang sudah hafal Qs. Al humazah sampai dengan Al qariah
b.
Kegiatan inti
-
Hafalan Qs. Al humazah sampai dengan Al qariah setiap siswa
c.
Kegiatan Penutup
-
Meminta siswa mengulang
menghafalkan Qs. Al humazah sampai dengan Al qariah secara
bersama-sama
- Pertemuan 10 : 3 x 35 menit
a.
Kegiatan pendahuluan
-
Motivasi dan apersepsi
-
Siapa yang sudah hafal Qs. Al humazah sampai dengan Al qariah
b.
Kegiatan inti
-
Test hafalan Qs. Al humazah sampai dengan Al qariah setiap siswa
c.
Kegiatan Penutup
-
Meminta siswa mengulang
menghafalkan Qs. Al humazah sampai dengan Al qariah secara
bersama-sama
- Pertemuan 11 : 2 x 35 menit
a.
Kegiatan pendahuluan
-
Motivasi dan apersepsi
-
Siapa yang sudah hafal surat Qs. Al humazah sampai dengan Al qariah
b.
Kegiatan inti
-
Test hafalan Qs. Al humazah sampai dengan Al qariah setiap siswa
c.
Kegiatan Penutup
-
Meminta siswa mengulang
menghafalkan Qs. Al humazah sampai dengan Al qariah secara
bersama-sama
- Pertemuan 12 : 2 x 35 menit
a.
Kegiatan pendahuluan
-
Motivasi dan apersepsi
-
Siapa yang sudah hafal Qs. Al humazah sampai dengan Al qariah
b.
Kegiatan inti
-
Test hafalan Qs. Al humazah sampai dengan Al qariah setiap siswa
c.
Kegiatan Penutup
-
Meminta siswa mengulang
menghafalkan Qs. Al humazah sampai dengan Al qariah secara
bersama-sama
E.
Sumber Pembelajaran
- Buku Iqro’
- Buku juz amma
- Buku Referensi
F.
Penilaian hasil Belajar
- Teknik Penilaian
-
tertulis
-
lisan
- Bentuk Instrumen
-
Isian
-
Jawaban singkat
- Contoh instrument
a)
Isian
Tulis Qs. Al humazah 4!
Kunci
: …….
b)
Jawaban singkat
Bunyi Al qariah ayat 1 berikut adalah
(…………….)?
Kunci : ……..
Mengetahui,
|
Pasuruan, 19 Juli 2011
|
Kepala MI Miftahul Ulum
M. CHUSNAN AG
|
Guru BTQ Kelas II
KHUTROTIN AJIZAH
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar